BAB 3
IMPLEMENTASI
Pada bab ini, akan diulas bagaimana
cara mengimplementasikan arduino menjadi sebuah kontroler video games retro.
Implementasi akan diuraikan secara bertahap. Berikut adalah tahap-tahapan yang
dilakukan untuk membuat arduino menjadi kontroler yang terhubung dengan video
games retro.
1.1 Merakit Kontroler Game
Merakit kontroler game menggunakan
arduino akan diurai menjadi beberapa tahapan, sebagai berikut :
1.
Siapkan bahan-bahan pendukung, yaitu
: Breadboard, Piezo Speaker, Nokia 5110 LCD, Joystick PSP, TRNPN, Kabel Switch/
kabel jumper, Push Button Resistor, 2 Resistor, Lipo Battery 7v4, Arduino Uno,
Circuito.io.
Figure 1.1:
Langkah 1
Kabel jumper adalah kabel penghubung
yang biasa digunakan untuk membuat rangkaian sistem atau prototype sistem
menggunakan arduino dan breadboard. Kabel Jumper adalah komponen yang wajib ada
saat belajar rangkaian elektronika dan komponen penghubung rangkaian Arduino
dengan breadboard.
Breadboard adalah board yang
digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara dengan tujuan uji coba atau
prototipe tanpa harus menyolder. Dengan memanfaatkan breadboard,
komponen-komponen elektronik yang dipakai tidak akan rusak dan dapat digunakan
kembali untuk membuat rangkaian yang lain. Breadboard umumnya terbuat dari
plastik dengan banyak lubang-lubang diatasnya. Lubang-lubang pada breadboard
diatur sedemikian rupa membentuk pola sesuai dengan pola jaringan koneksi di
dalamnya.
2.
Taruh Arduino uno, Push Button,
Resistor, Piezo Speaker, TRNPN, 2 Resistor, Nokia 5110 LCD, Joystick, dan
Baterai Lithiumnya.
Figure 1.2:
Langkah 2
3.
Ambil 2 buah kabel jumper, dan
hubungkan kabel dari papan arduino dengan breadboard.
Figure 1.3:
Langkah 3
4.
Koneksikan Push Button dengan 4
kabel jumper, masing- masing kabel akan terkoneksi ke papan arduino, ke
resistor1, ke POS, resistor ke GND.
Figure 1.4: Langkah
4
5.
Koneksikan Piezo Speaker dengan 4
kabel jumper juga, dari speaker ke trnpn lalu dari trnpn ke GND, dari resistor
ke papan arduino, dari speaker ke POS.
Figure 1.5:
Langkah 5
6.
Koneksikan LCD Nokia 5110 dengan 7
kabel jumper, yang masing- masing kabel terhubung ke papan arduinonya,
Figure 1.6:
Langkah 6
7.
Koneksikan Joystick PSP dengan 4
kabel jumper, yang 2 kabel ke bus POS dan GND lalu yang 2 lagi ke papan
arduino.
Figure 1.7:
Langkah 7
8.
Koneksikan Baterai dengan 2 kabel
jumper yang 1 kabel ke bus GND dan 1 lagi ke kabel baterai lithium 7v4.
Figure 1.8:
Langkah 8
9.
Koneksikan ke komputer dan power
supply dengan menggunakan kabel usb, pastikan power supply terkoneksi dan
bekerja dengan benar.
10.
Upload kodingan kedalam kontroler,
11.
Test PushButton : pastikan papan
arduino terhubung dengan komputer, lalu buka arduinoIDE klik alat/Tools lalu
pilih serial monitor lalu check connection.
12.
Test Nokia5110 LCD : sama dengan
psuhbutton, kita masuk kedalam Arduino IDE lalu klik tools dan pilih serial
monitor lalu check connection.
Figure 1.9: Jadilah Seperti Ini
No comments:
Post a Comment