Thursday, July 27, 2017

BAB 3

BAB 3
IMPLEMENTASI
Pada bab ini, akan diulas bagaimana cara mengimplementasikan arduino menjadi sebuah kontroler video games retro. Implementasi akan diuraikan secara bertahap. Berikut adalah tahap-tahapan yang dilakukan untuk membuat arduino menjadi kontroler yang terhubung dengan video games retro.
1.1 Merakit Kontroler Game
Merakit kontroler game menggunakan arduino akan diurai menjadi beberapa tahapan, sebagai berikut :
1.
Siapkan bahan-bahan pendukung, yaitu : Breadboard, Piezo Speaker, Nokia 5110 LCD, Joystick PSP, TRNPN, Kabel Switch/ kabel jumper, Push Button Resistor, 2 Resistor, Lipo Battery 7v4, Arduino Uno, Circuito.io.
Figure 1.1: Langkah 1
Kabel jumper adalah kabel penghubung yang biasa digunakan untuk membuat rangkaian sistem atau prototype sistem menggunakan arduino dan breadboard. Kabel Jumper adalah komponen yang wajib ada saat belajar rangkaian elektronika dan komponen penghubung rangkaian Arduino dengan breadboard.
Breadboard adalah board yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara dengan tujuan uji coba atau prototipe tanpa harus menyolder. Dengan memanfaatkan breadboard, komponen-komponen elektronik yang dipakai tidak akan rusak dan dapat digunakan kembali untuk membuat rangkaian yang lain. Breadboard umumnya terbuat dari plastik dengan banyak lubang-lubang diatasnya. Lubang-lubang pada breadboard diatur sedemikian rupa membentuk pola sesuai dengan pola jaringan koneksi di dalamnya.
2.
Taruh Arduino uno, Push Button, Resistor, Piezo Speaker, TRNPN, 2 Resistor, Nokia 5110 LCD, Joystick, dan Baterai Lithiumnya.
Figure 1.2: Langkah 2
3.
Ambil 2 buah kabel jumper, dan hubungkan kabel dari papan arduino dengan breadboard.
Figure 1.3: Langkah 3
4.
Koneksikan Push Button dengan 4 kabel jumper, masing- masing kabel akan terkoneksi ke papan arduino, ke resistor1, ke POS, resistor ke GND.
Figure 1.4: Langkah 4
5.
Koneksikan Piezo Speaker dengan 4 kabel jumper juga, dari speaker ke trnpn lalu dari trnpn ke GND, dari resistor ke papan arduino, dari speaker ke POS.
Figure 1.5: Langkah 5
6.
Koneksikan LCD Nokia 5110 dengan 7 kabel jumper, yang masing- masing kabel terhubung ke papan arduinonya,
Figure 1.6: Langkah 6
7.
Koneksikan Joystick PSP dengan 4 kabel jumper, yang 2 kabel ke bus POS dan GND lalu yang 2 lagi ke papan arduino.
Figure 1.7: Langkah 7
8.
Koneksikan Baterai dengan 2 kabel jumper yang 1 kabel ke bus GND dan 1 lagi ke kabel baterai lithium 7v4.
Figure 1.8: Langkah 8
9.
Koneksikan ke komputer dan power supply dengan menggunakan kabel usb, pastikan power supply terkoneksi dan bekerja dengan benar.
10.
Upload kodingan kedalam kontroler,
11.
Test PushButton : pastikan papan arduino terhubung dengan komputer, lalu buka arduinoIDE klik alat/Tools lalu pilih serial monitor lalu check connection.
12.
Test Nokia5110 LCD : sama dengan psuhbutton, kita masuk kedalam Arduino IDE lalu klik tools dan pilih serial monitor lalu check connection.
Figure 1.9: Jadilah Seperti Ini


No comments:

Post a Comment

Tugas 2 ( Pengantar Komputasi Modern)

I. Pengertian    1.1. Komputasi Cloud  Definisi komputasi cloud merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputas...